PJJ IPS KELAS 7

Penawaran untuk Barang dan jasa yang akan dijual kepada Konsumen

Penawaran untuk Barang dan jasa yang akan dijual kepada Konsumen, posisikan diri Ananda sebagai produsen atau penjual barang dan jasa. Sebagai penjual tentu Ananda menginginkan keuntungan yang besar dengan cara menjual barang yang Ananda produksi dengan harga yang mahal.

Meski demikian, harga yang mahal harus diwaspadai karena dapat membuat barang yang Ananda produksi tidak laku karena masyarakat merasa terlalu mahal. Penawaran merupakan hal yang erat kaitannya dengan kegiatan ekonomi para produsen penyedia barang dan jasa bagi konsumen.

Terdapat banyak sekali definisi tentang penawaran tetapi secara umum penawaran dapat diartikan sebagai kesediaan atau kemampuan para produsen untuk membuat barang dan jasa untuk dijual kepada konsumen pada rentang harga tertentu.

Ananda harus mengetahui bahwa suatu barang yang harganya terlalu tinggi di pasaran akan sulit dibeli oleh konsumen tetapi apabila harga barang tersebut terlalu rendah dan tidak sesuai dengan biaya produksi maka produsen akan mengalami kerugian sehingga tidak ingin lagi memproduksi barang tersebut.

Seorang produsen harus menyeimbangkan harga jual barang sesuai dengan biaya produksi, mengambil keuntungan tetapi tetap mengupayakan agar harga tetap terjangkau untuk dapat dibeli konsumen. Hal ini dinamakan sebagai penawaran.

Faktor yan Mempegaruhi Penawaran

Terdapat beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran, antara lain sebagai berikut:

1. Biaya produksi

Biaya produksi yang tinggi membuat harga barang menjadi tinggi. Tidak banyak konsumen yang bisa membeli barang berharga tinggi sehingga permintaan rendah. Produsen harus memproduksi barang dengan jumlah yang sedikit karena permintaannya rendah.

2. Teknologi

Teknologi yang tinggi memungkinkan produsen memproduksi barang dengan jumlah banyak, cepat, berkualitas tetapi dengan biaya produksi yang rendah.

Apabila jumlah permintaan konsumen banyak, teknologi tinggi memungkinkan produsen menjual barang berkualitas dengan jumlah yang banyak dan berharga murah.

3. Harapan akan mendapatkan laba

Seorang produsen atau penjual akan berupaya meningkatkan produksinya dan memperluas pemasaran apabila jumlah permintaan dari konsumen besar. Ia meningkatkan jumlah produksi dan mengembangkan usahanya untuk memperoleh keuntungan yang besar.

4. Faktor-faktor nonekonomi seperti bencana alam

larangan impor dan kebijakan pemerintah. Bencana alam dapat mengubah selera pasar akan suatu barang. Pada contoh pandemi covid 19 yang menyebabkan permintaan konsumen akan tanaman hias meningkat.

Ini akan membuat produsen berupaya menawarkan harga yang tepat pada tanaman hias yang mereka miliki meningkat, ini akan membuat produsen berupaya menawarkan harga yang tepat pada tanaman hias yang mereka miliki.

Kurva Penawaran

Seperti halnya permintaan, penawaran barang dan jasa juga dapat digambarkan melalui suatu grafik yang disebut dengan kurva penawaran.

Kurva penawaran merupakan grafik yang menggambarkan sifat hubungan antara jumlah penawaran barang/jasa dengan harga dalam beberapa kondisi.

Untuk memahami tentang kurva penawaran Ananda dapat melihat contoh tabel dan kurva penawaran berikut ini.

Tabel Harga Penawaran
Kurva Penawaran

Perhatikan tabel dan kurva penawaran tersebut, sekali lagi sebagai penjual/penghasil/produsen, seseorang tentu menginginkan keuntungan yang besar. Apa yang tertulis dalam tabel dan kurva penawaran tersebut dapat dideskripsikan sebagai berikut;

pada saat konsumen menginginkan barang (mangga) dan harganya sedang mahal maka penjual berusaha menyediakan/menawarkan/menjual mangga sebanyak mungkin kepada pembeli/masyarakat, dengan harapan jika mangga terjual banyak tentu akan mendatangkan keuntungan yang banyak.

Namun pada saat harga mangga turun karena melimpahnya barang, penjual berusaha membatasi penyediaan/penawaran mangga kemasyarakat.

Ingatlah, jika jumlah barang dipasaran terbatas dan permintaan masyarakat tinggi maka harga barang juga akan tinggi. Dan sebagai penjual tentu akan mendapat keuntungan besar saat harga barang sedang tinggi.

Pengertian Penawaran

Penawaran ialah kesediaan pedagang untuk menjual berbagai barang pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu.

Jika harga barang sedang turun, maka jumlah barang yang ditawarkan atau disediakan produsen akan berkurang, sebaliknya jika harga barang sedang naik karena barang tersebut langka, maka jumlah barang yang coba ditawarkan atau disediakan produsen akan lebih banyak.

Hal ini sejalan dengan bunyi hukum penawaran “Jika harga barang naik,maka jumlah barang yang ditawarkan pun akan bertambah dan sebaliknya, jika harga barang turun, maka jumlah barang yang ditawarkan pun berkurang”.

Ilustrasi Materi Penawaran

Setelah Ananda mempelajari materi pengenai penawaran, bacalah ilustrasi cerita berikut kemudian jawablah pertanyaan yang tersedia dibawah ilustrasi cerita tersebut. Apabila mengalami kesulitan Ananda dapat bertanya kepada orang tua!

Pak Udin seorang petani bawang merah

Tanaman bawangnya tumbuh dengan sangat baik dan hasil panennya melimpah. Ini dikarenakan cuaca sangat mendukung tumbuh-kembang bawang. Panen yang melimpah dengan kualitas bawang yang bagus tentu menimbulkan kebahagiaan tersendiri bagi pak Udin.

Tidak hanya pak Udin saja yang sukses dengan panen bawang merahnya, tetangga petani di sekitarnya juga mengalami hal yang sama. Begitu juga dengan petani bawang tetangga desanya.

Kondisi panen yang melimpah membuat ketersediaan bawang merah di pasaran menjadi melimpah. Kebahagiaan tentu dirasakan oleh para petani bawang merah namun juga kekhawatiran mengingat permintaan masyarakat akan bawang merah adalah tetap.

Jumlah bawang merah yang melimpah sementara permintaan pasar yang tetap dapat membuat harga bawang di pasaran pasti akan turun. Terkait dengan ketersediaan bawang merah yang melimpah dipasaran yang akan membuat harga bawang menjadi turun. Banyak usaha yang dilakukan petani sebagai produsen.

Mereka berupaya menunda penjualan bawang ke masyarakat dengan tujuan menunggu harga bawang menjadi stabil. Tetapi upaya ini terkendala karena menyimpan bawang merah hasil panenan agar tidak busuk sangatlah sulit.

Baca juga Macam-Macam Kebutuhan Manusia yang harus dipenuhi

Untuk mendapatkan keuntungan yang besar, petani berupaya menjual persediaan bawang merah ketika keberadaan bawang merah dipasaran sedikit. Menjual bawang merah ketika jumlah persediaan bawang di pasar sedikit akan menguntungkan karena membuat harga bawang merah menjadi mahal dan produsen mendapat keuntungan besar.

Pertanyaan:

  1. Pada kondisi yang bagaimanakah produsen (dalam hal ini petani bawang merah) akan berupaya menawarkan hasil produksinya sedikit ke masyarakat ? Jelaskan alasannya?
  2. Mengapa saat persediaan barang sedikit maka harga barang menjadi tinggi sehingga produsen berupaya menawarkan sebanyak-banyaknya barang yang dimilikinya ke masyarakat?
  3. Lihatlah ilustrasi tabel harga bawang di bawah ini, setelah Ananda mengamati kemudian buatlah kurva penawarannya!
  4. Buatlah kurva penawaran dari tabel tersebut, Ananda dapat mencontohnya dari gambar di atas, harga dan jumlah barang lalu buatlah garis penawarannya!
Tabel Harga Penawaran

Referensi :

MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Semester Genap) Hak Cipta © 2020 pada Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button