PJJ IPS KELAS 7

Menjelaskan Pengertian Masa Praaksara berdasarkan Ciri kehidupan

Menjelaskan Pengertian Masa Praaksara berdasarkan Ciri kehidupan, Melalui penyelidikan Arkeologi tentang bentuk dan fungsi benda-benda peninggalan manusia praaksara dapat diketahui ciri kehidupan masyarakat yang memanfaatkannya.

Berdasarkan penyelidikan ini diketahui bahwa kehidupan masa praaksara dapat dibedakan menjadi beberapa tahap sesuai ciri-ciri kehidupannya. Pembagian itu adalah kehidupan pra aksara masa berburu dan mengumpulkan makanan, masa bercocok tanam, serta masa perundagian.

A. Masa berburu dan mengumpulkan makanan

Menjelaskan Pengertian Masa Praaksara berdasarkan Ciri kehidupan, masa berburu dan mengumpulkan makanan merupakan masa dimana masyarakat manusia mengandalkan kekayaan satwa dan tumbuh-tubuhan disekitarnya untuk bertahan hidup.

Masa berburu dan mengumpulkan makanan dibagi menjadi dua, yaitu masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana dan masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut.

a. Masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana,

Masa ini diperkirakan sezaman dengan zaman paleolithikum. Manusia pra aksara yang hidup pada masa diperkirakan masih rendah tingkat peradabannya. Mereka hidup mengembara, berpindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain (Nomaden) mengikuti pola migrasi hewan buruannya.

Manusia pada zaman ini hidup sebagai pemburu binatang dan penangkap ikan dan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan serat, mereka juga meramu, yakni mencari dan mengumpulkan makanan dari flora alam seperti biji-bijian, ubiubian, buah dan dedaunan.

b. Masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut

Masa ini diperkirakan sezaman dengan zaman mesolithikum. Kehidupan manusia pada masa ini sudah berkembang dibandingkan dengan masa sebelumnya dengan ditemukan busur dan anak panah batu sebagai alat berburu.

Kelompok manusia pada masa ini mulai hidup menetap walaupun hanya untuk sementara waktu dan mereka juga sudah mulai mengenal cara bercocok tanam sederhana.

B. Masa Bercocok Tanam

Masa bercocok tanam diperkirakan terjadi sezaman dengan zaman Neolithikum. Pada masa ini, peradaban manusia sudah mencapai tingkatan yang cukup tinggi.

Manusia sudah menetap karena telah memiliki kemampuan memproduksi makanan dengan cara mengolah alam atau bercocok tanam.

Untuk membantu manusia melakukan kegiatan produksi makanan, manusia mulai mengembangbiakkan binatang peliharaan sebagai ternak. Manusia sudah hidup menetap tidak lagi berpindah-pindah seperti halnya ketika masa berburu dan mengumpulkan makanan.

Hal ini membuat manusia mulai dapat mengembangkan kebudayaan mereka seperti misalnya membangun tempat tinggal yang lebih baik daripada masa sebelumnya yaitu berpindah-pindah.

C. Masa Perundagian

Ilustrasi pada masa praaksara (Ilustrasi foto/lif.co.id)

Kata perundagian berasal dari bahasa Bali: undagi, yang artinya adalah seseorang atau sekelompok orang atau segolongan orang yang mempunyai kepandaian atau keterampilan jenis usaha tertentu.

Pada masa undagi ini, kemungkinan tidak semua manusia harus bercocok tanam untuk bisa hidup, beberapa kelompok manusia dalam masyarakat menekuni pekerjaan sebagai pengrajin seperti pembuat gerabah, pembuatan perhiasan, pandai logam atau pembuat sampan. Para pengrajin ini hidup dengan menukarkan barang hasil buatan mereka kepada orang-orang yang bercocok tanam.

Baca juga Permintaan atau Minat Konsumen untuk Membeli Barang atau Jasa

Diperkirakan bahwa masa perundagian terjadi sezaman dengan zaman logam yaitu perunggu. Pada masa ini, peradaban manusia tentu lebih maju tingkatannya daripada peradaban sebelumnya

Referensi :

MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Semester Genap) Hak Cipta © 2020 pada Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button