PJJ IPS KELAS 8

Mengidentifikasi bentuk-bentuk mobilitas sosial dalam Kehidupan Manusia

Mengidentifikasi bentuk-bentuk mobilitas sosial dalam Kehidupan Manusia, Mobilitas sosial merupakan perpindahan status sosial yang dimiliki seseorang atau kelompok ke status sosial yang lain dalam masyarakat. Hasil perpindahan status sosialnya bisa menjadi lebih tinggi, lebih rendah, bahkan tetap sederajat.

Masyarakat dengan kelas sosial yang bersifat terbuka merupakan masyarakat yang memiliki tingkat mobilitas sosial yang tinggi, sedangkan masyarakat yang berkelas sosial tertutup memiliki tingkat mobilitas sosial yang rendah.

Hal ini mengingat pada masyarakat dengan kelas sosial tertutup sangat sedikit sekali, bahkan tidak memungkinkan terjadinya perpindahan anggota dari satu lapisan ke lapisan yang lain. Secara umum bentuk mobilitas sosial terbagi menjadi dua, yaitu vertikal dan horizontal. Lebih jelas perhatikan peta konsep berikut.

Gambar Peta Konsep Mobilitas Sosial

Wawasan

Sistem lima kasta dalam ajaran hindu utama yang menggambarkan posisi kehidupan seseorang, terdiri dari

  1. Kasta Brahma,yaitu golongan pendeta yang memberikan rohani atau menjadi panutan untuk menunju jalan kebenenaran intinya kasta ini yang mengatur urusan religi
  2. Kasta Kstaria, yaitu golongan bangsawan yang kaya,tentara dan prajurit kerajaan.
  3. Kasta Waisya,yaitu golongan pedagang dan petani-petani
  4. Kasta sudra, yaitu golongan rakyat jelata
  5. Paria, golongan yang tidak memiliki kasta,pekerjaan mereka cendrung berprofesi sebagai budak,gelandangan, dan peminta-peminta.

Aktivitas Siswa

Mengidentifikasi bentuk-bentuk mobilitas sosial, sebagai tugas membuat laporan individu, perhatikan petujuk di bawah ini!

  1. Carilah 3 orang tetanggamu yang mengalami mobilitas sosial seperti yang kalian pelajari! contoh 1) Pemilik restoran yang pekerjaan awalnya penjual bubur 2) Seorang kepala sekolah yang pekerjaan awalnya guru 3) Buruh cuci baju dengan pekerjaan awal buruh tani
  2. Tuliskan secara singkat proses mobilitas sosial yang terjadi pada orang tersebut
  3. Tulis faktor-faktor yang menyebabkan mereka mengalami mobilitas sosial!
  4. Tulis laporan pada microsoft word, lalu kirim kan lewat surat elektronik atau bisa ke ponsel bapak ibu guru yang sudah di sepakati!

Baca juga Saluran-saluran Mobilitas Sosial di Indonesia

Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button