PJJ IPS KELAS 9

Menganalisis Kehidupan Masyarakat pada masa Demokrasi Terpimpin

Menganalisis Kehidupan Masyarakat pada masa Demokrasi Terpimpin, Tindak lanjut dari Dekrit Presiden, Pada 9 Juli 1959, Kabinet Djuanda dibubarkan dan diganti menjadi Kabinet Kerja yang dilantik pada 10 Juli 1959. Kabinet ini memiliki program kerja yang disebut Tri Program yang meliputi:

(1) masalahmasalah sandang dan pangan, (2) keamanan dalam negeri, dan (3) pengembalian Irian Barat. Pada periode pemerintahan Demokrasi Terpimpin, kekuasaan didominasi oleh Presiden, terbatasnya peranan partai politik, berkembangnya pengaruh komunis dan makin meluasnya peranan TNI/Polri sebagai unsur sosial poltik.

Menganalisis Kehidupan Masyarakat pada masa Demokrasi Terpimpin, Dekrit Presiden 5 Juli 1959 dapat dipandang sebagai suatu usaha untuk mencari jalan keluar dari kemacetan politik dengan melalui pembentukan kepemimpinan yang kuat.

Kondisi Politik Pada masa Demokrasi Terpimpin

Demokrasi Terpimpin yang menggantikan sistem Demokrasi Liberal, berjalan dari tahun 1959-1965. Pada masa Demokrasi Terpimpin kekuasaan presiden sangat besar sehingga cenderung ke arah otoriter.

Pertentangan ideologi yang terjadi pada masa demokrasi liberal semakin memuncak pada masa demokrasi Terpimpin. PKI yang memiliki sifat revolusioner berhasil memengaruhi Presiden Sukarno, sehingga orangorang PKI banyak yang menempati berbagai posisi penting dalam pemerintahan.

Konsep Nasakom (Nasionalis-Agama-Komunis) disampaikan Presiden Soekarno sebagai upaya menyatukan kekuatan nasionalis, agama, dan komunis. Kedekatan PKI dalam pemerintahan ini mempengaruhi sikap Indonesia dalam kebijakan di dalam dan luar negeri.

Selain ajaran Nasakom, pemerintah juga membuat manifesto politik, yang terkenal dengan sebutan Manipol USDEK.

Dengan demikian kedudukan PKI semakin kuat PKI semakin meningkatkan kegiatannya dengan berbagai isu yang memberi citra sebagai partai yang paling manipolis dan pendukung Bung Karno yang paling setia.

Baca juga Konsepsi Demokrasi Terpimpin antara lain pembentukan Lembaga Negara

Baca juga Penyimpangan Politik Luar Negeri Pada Masa Demokrasi Terpimpin

Selama masa Demokrasi Terpimpin, PKI terus melaksanakan program-programnya secara revolusioner. Bahkan mampu menguasai konstelasi politik. Puncak kegiatan PKI adalah melakukan kudeta terhadap pemerintahan yang sah pada tanggal 30 September 1965.

Gambar 52a. Ilustrasi Manipol USDEK pada masa Demokrasi Terpimpin (ilustrasi foto/Idsejarah)
Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button