PJJ IPS KELAS 8

Menganalisis akibat-akibat konflik sosial yang terjadi di Masyarakat

Menganalisis akibat-akibat konflik sosial yang terjadi di Masyarakat, Apakah Ananda tahu akibat dari konflik sosial? Agar Ananda lebih paham pahami cerita tentang tokoh Bung Tomo dalam Pertempuran Surabaya tahun 1945.

Pertempuran tersebut merupakan salah satu contoh akibat terjadinya konflik antarnegara. Sekutu, Belanda, dan Indonesia adalah kelompok yang terlibat dalam peristiwa tersebut. Pertempuran yang menyebabkan ribuan pejuang Indonesia gugur tersebut tentu tidak muncul tibatiba, tetapi melalui berbagai pertentangan dan peristiwa-peristiwa lainnya.

Peristiwa tersebut dapat menggambarkan salah satu akibat dari adanya konflik. Menganalisis akibat-akibat konflik sosial, berikut ini merupakan akibat terjadinya konflik sosial.

a. Meningkatnya solidaritas sesama anggota kelompok

Dalam kasus peristiwa pertempuran Surabaya, para pejuang tidak menghiraukan perbedaan suku, agama, organisasi politik, dan sebagainya.

Mereka bahu-membahu melawan Inggris (Sekutu). Terjadinya konflik dengan kelompok lain justru dapat meningkatan solidaritas sesama anggota kelompok (in-group solidarity) yang sedang mengalami konflik dengan kelompok lain.

b. Retaknya hubungan antarindividu atau kelompok

Konflik yang terjadi antarindividu atau antarkelompok dapat menimbulkan keretakan hubungan. Keretakan tersebut dapat terjadi sementara ataupun permanen.

Kalian mungkin pernah konflik dengan temanmu, yang menyebabkan dalam beberapa waktu tidak terjalin hubungan yang baik. Namun, karena kemudian saling menyadari kesalahan, kalian berdua akhirnya saling memaafkan.

c. Terjadinya Perubahan Kepribadian para Individu

Perubahan kepribadian dapat terjadi pada kedua belah pihak yang mengalami konflik. Kedua belah pihak dapat saling menyesuaikan atau justru masingmasing mempertahankan kebenaran yang diyakini.

d. Rusaknya harta benda dan bahkan hilangnya nyawa manusia

Konflik yang berujung pada kekerasan fisik dapat menyebabkan kerusakan dan hilangnya nyawa manusia. Sebagai contoh, konflik yang diakhiri dengan peperangan.

e. Terjadinya akomodasi, dominasi, bahkan penaklukan salah satu pihak yang terlibat dalam pertikaian.

Baca juga Mengidentifikasi bentuk-bentuk mobilitas sosial dalam Kehidupan Manusia

Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
(ilustrasi foto/istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button