PJJ IPS KELAS 8

Menganalis Macam-macam Perbedaan Pekerjaan Masyarakat Indonesia

Menganalis Macam-macam Perbedaan Pekerjaan Masyarakat Indonesia, Pada saat ini terdapat bermacam-macam pekerjaan di masyarakat, hal ini di sebabkan kondisi alam dan ketersediaan fasilitas yang ada. Pekerjaan pada hakekatnya merupakan bagian dari tujuh unsur kebudayaan yaitu mata pencaharian dan system ekonomi yang memiliki arti bahwa pekerjaan merupakan bagian yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan masyarakat.

Melalui pekerjaan manusia dapat meningkatkan kewajiban dalam kehidupan. Pekerjaan dapat menghasilkan penghasilan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan kehidupan sebagai makluk sosial dan ekonomi.

Pekerjaan satu dengan pekerjaan yang lain memiliki derajat yang sama, walaupun dalam perkembangannya memiliki kategori yang berbeda. Mari kita bahas lebih lanjut tentang pluralitas pekerjaan.

1. Pengertian pluralitas pekerjaan

Menganalis Macam-macam Perbedaan Pekerjaan, pekerjaan secara umum didefinisikan sebagai sebuah kegiatan aktif yang dilakukan oleh manusia. Dalam arti sempit, istilah pekerjaan digunakan untuk suatu tugas atau kerja yang menghasilkan sebuah karya bernilai imbalan dalam bentuk uang bagi seseorang. Dalam pembicaraan sehari-hari istilah pekerjaan dianggap sama dengan profesi.

2. Macam-macam Pekerjaan

Di dalam masayarakat terdapat berbagai jenis pekerjaan, ada yang memerlukan keterampilan ataupun karakteristik khusus tetapi ada yang tidak. Berikut jenis perkerjaan tersebut.

  1. Fotografer atau juru foto adalah profesi atau pekerjaan membuat gambar dengan cara menangkap cahaya dari subyek gambar dengan kamera maupun peralatan fotografi lainnya, dan umumnya memikirkan seni dan teknik untuk menghasilkan foto yang lebih bagus serta berusaha mengembangkan ilmunya.
  2. Model atau kadang-kadang disebut peragawan atau peragawati adalah seseorang yang dipekerjakan untuk tujuan menampilkan dan mempromosikan pakaian mode atau produk lainnya dan untuk tujuan iklan atau promosi atau yang berpose untuk karya seni.
  3. Stand Up Komedian (Melawak) merupakan suatu usaha untuk membuat orang lain tertawa, atau sekadar membuat orang lain gembira. Caranya bermacam-macam, tergantung si pelawak dan biasanya disesuaikan dengan kondisi orang yang akan dibuat tertawa. Cara yang paling umum adalah dengan mengucapkan lelucon, dengan subjek lelucon orang lain, atau diri sendiri. Cara lainnya adalah dengan tingkah laku yang dibuat-buat hingga dapat terlihat lucu dan pentas ditertawakan di hadapan orang lain.
  4. Polisi adalah profesi atau pekerjaan yang mengatur tata tertib (orde) dan hukum.
  5. Atlet adalah orang yang ikut serta dalam suatu kompetisi olahraga kompetitif. Para atlet harus mempunyai kemampuan fisik yang lebih tinggi dari rata-rata. Seringkali kata ini digunakan untuk merujuk secara spesifik kepada peserta atletik.
  6. Pemeran, sering pula disebut sebagai aktor (pria) atau aktris (wanita) adalah orang yang memainkan peran tertentu dalam suatu aksi panggung, acara televisi atau film. Ia biasanya adalah orang yang dididik atau dilatih secara khusus untuk bersandiwara melalui suatu kursus atau sekolah, atau berpura-pura memerankan suatu tokoh sehingga tampak seperti tokoh sungguhan.
  7. Dokter adalah seseorang yang karena keilmuannya berusaha menyembuhkan orang-orang yang sakit. Tidak semua orang yang menyembuhkan penyakit bisa disebut dokter. Untuk menjadi dokter biasanya diperlukan pendidikan dan pelatihan khusus dan mempunyai gelar dalam bidang kedokteran.
  8. Astronot atau Antariksawan (disebut juga astronot, tapi kalau di Rusia disebut kosmonot) adalah sebutan bagi orang yang telah menjalani latihan dalam program penerbangan antariksa manusia untuk memimpin, menerbangkan pesawat, atau menjadi awak pesawat antariksa.
  9. Pengacara atau advokat atau kuasa hukum, dalam praktik dikenal juga dengan istilah Konsultan Hukum adalah orang yang melakukan atau memberikan nasihat dan pembelaan “mewakili” bagi orang lain yang berhubungan (klien) dengan penyelesaian suatu kasus hukum. Contoh Hotman Paris
  10. Teknisi umumnya adalah seseorang yang menguasai bidang teknologi tertentu yang lebih banyak memahami teori bidang tersebut.
  11. Petani adalah seseorang yang bergerak di bidang bisnis pertanian utamanya dengan cara melakukan pengelolaan tanah dengan tujuan untuk menumbuhkan dan memelihara tanaman (seperti padi, bunga, buah dan lain lain), dengan harapan untuk memperoleh hasil dari tanaman tersebut untuk digunakan sendiri ataupun menjualnya kepada orang lain.

Baca juga Mendeskripsikan pengertian mobilitas sosial Penduduk

Aktivitas jual beli merupakan salah satu bagian dari pekerjaan (ilustrasi foto istimewa)
Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button