EkonomiSMA Kelas 10

Mendeskripsikan konsep pendapatan nasional

ADVERTISEMENT

Mendeskripsikan konsep pendapatan nasional. Dalam bab ini akan mempelajari tentang konsep pendapatan nasional baik dari sisi Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto(PDRB) maupun Produk Nasional Bruto. Diharapkan setelah mengetahui konsep-konsep pendapatan nasional tersebut nantinya kita akan mampu:

  1. Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional dengan model-model rumus mulai GDP sampai pada DI
  2. Membandingkan kondisi PDB dan perkapita yang kita milki dengan negara lain.
  3. Mendeskripsikan pengertian indeks harga dan inflasi serta bagaimana metode penghitungannya.

Dari beberapa kesimpulan umum yang dikumpulkan bahwa untuk menjadi kaya, suatu negara tidaklah perlu memilki kekayaan alam yang melimpah ruah, yang penting adalah kualitas SDM (sumber daya manusia). Dari kesimpulan di atas apakah anda setuju? Silakan anda renungkan dan diskusikan dengan guru dan teman-teman di kelas tentang semua itu.

Permasalahan ekonomi makro yang selalu menjadi sorotan penting dan utama dalam pembangunan ekonomi suatu bangsa tidak lain adalah bagaimana suatu bangsa dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya melalui upaya peningkatan pendapatan nasional.

Nah, apa sebenarnya yang dimaksud dengan pendapatan nasional suatu negara? Dan bagaimana cara menghitung pendapatan nasional? Manfaat apa yang akan diperoleh dengan menghitung pendapatan nasional? Dalam bab ini kita akan membahas dan mengulas secara lebih terperinci tentang pendapatan nasional dengan segala bentuk persoalan yang timbul.

Peta Konsep 

Pengertian Pendapatan Nasional

Mendeskripsikan konsep pendapatan nasional, setiap negara yang ada di bumi ini memilki kekayaan yang berbeda-beda, baik dilihat dari sumber daya alamnya maupun dari sumber daya manusianya. Ada negara dengan sumber daya alam melimpah sementara kemampuan sumber daya manusianya pas-pasan atau bahkan minim dan sebaliknya ada negara dengan sumber daya alam yang minim tetapi memiliki banyak sumber daya manusia yang berkualitas. Yang jelas semua kekayaan yang dimilki oleh negara tersebut diarahkan untuk kesejahteraan masyarakatnya.

Kita semua sudah mengetahui bagaimana kekayaan alam negara kita yang sangat melimpah tetapi itu tidak bisa menjamin negara Indonesia sebagai negara yang kaya. Kenapa? Karena Indonesia juga harus bisa menjamin dan memproduksi barang/jasa yang dibutuhkan oleh rakyatnya.

Baca juga Perpajakan Indonesia sebagai Sumber Pendapatan Negara

Sehingga jumlah barang/jasa yang dihasilkan oleh negara Indonesia dalam waktu satu tahun merupakan gambaran kaya atau miskinnya negara Indonesia. Perhatikanlah bagan kegiatan ekonomi di bawah ini yang menunjukkan hubungan antara empat macam rumah tangga ekonomi.

Bagan

Berdasarkan bagan di atas maka dapat disimpulkan bahwa pendapatan nasional adalah pendapatan yang diterima oleh golongan-golongan masyarakat sebagai bentuk balas jasa sehubungan dengan produksi barang-barang dan jasa tersebut. Besarnya pendapatan nasional akan sama dengan produk nasional. Dan besarnya pendapatan nasional dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain :

  1. Tersedianya faktor produksi
  2. Ketrampilan dan keahlian tenaga kerjanya
  3. Kemajuan Teknologi produksi yang digunakan
  4. Stabilitas nasional

Baca juga Pajak dalam Perekonomian Nasional

ADVERTISEMENT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button