EkonomiIPS Kelas 10

Konsep-konsep Ekonomi secara umum merupakan studi dan latihan memilih (the study and exercise of choice)

Konsep-konsep Ekonomi secara umum merupakan studi dan latihan memilih (the study and exercise of choice). Didalamnya meliputi tingkah laku manusia dalam memilih barang dan jasa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Berbagai macam kebutuhan manusia diwujudkan dalam bentuk benda materi (pangan, sandang, papan, dan sebagainya) serta jasa-jasa (perawatan kesehatan, pendidikan, keamanan, rekreasi, dan sebagainya) yang jumlahnya terbatas. Keterbatasan inilah yang menyebabkan manusia harus memilih secara cerdas dan terampil.

Ekonomi adalah pengetahuan sosial, berkaitan dengan perilaku manusia dan sistem sosial, dimana manusia mengorganisasikan aktivitas-aktivitasnya dalam rangka pemuasan kebutuhan dasar (makan atau pangan, pakaian atau sandang, dan tempat tinggal atau papan), serta pemenuhan kebutuhan non-materi (pendidikan, rekreasi, keindahan, spiritual dan sebagainya).

Berbagai macam aktivitas dan perilaku manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya itulah yang disebut dengan kegiatan ekonomi. Perilaku dan aktivitas manusia dalam memenuhi segala kebutuhan hidup tersebut tidaklah sama, tergantung pada situasi, kondisi, waktu, dan lokasi.

Karakter kegiatan ekonomi manusia yang ada di permukaan bumi hanya bersifat kecenderungan, jadi tidak bersifat permanen. Inilah yang menjadi dasar dalam pengkajian ilmu ekonomi.

Pada dasarnya semua kegiatan ekonomi mengandung prinsip efisiensi atau ekonomis, artinya bagaimana memperoleh satu (unit) barang atau jasa yang akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya tersebut dengan menggunakan atau mengeluarkan biaya paling rendah.

Kegiatan Perekonomian

Konsep-konsep Ekonomi secara umum, semua manusia selalu berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya yang secara kuantitas cukup dan kualitas memadai atau dengan kalimat lain kebutuhan hidup terpenuhi secara cukup dan memadai. Bilamana kondisi ini tercapai, maka dikatakan manusia tersebut mencapai kemakmuran.

Baca juga Beragam Akvititas Manusia mulai dari pagi hari hingga pagi hari lagi untuk memenuhi Kebutuhan Hidup

Agar kemakmuran hidup tercapai, maka manusia harus melakukan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah seluruh kegiatan manusia yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kegiatan tersebut dapat dikelompokkan sebagai berikut.

  1. Kegiatan produksi adalah setiap usaha manusia yang menghasilkan atau menambah guna suatu barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup. Karena kebutuhan manusia terus berkembang dan bertambah maka barang dan jasa yang diproduksi oleh manusia juga terus berkembang dan berubah. Misalnya, membuat tas, membuat pisang epek Makasar, menawarkan jasa potong rambut di bawah pohon, dan sebagainya.
  2. Kegiatan distribusi adalah kegiatan manusia dalam upaya untuk menyebarkan barang dan jasa hasil produksi dari produsen kepada konsumen dengan berbagai teknik dan cara. Pihak yang melakukan distribusi adalah distributor (penyalur). Contoh kegiatan distribusi adalah agen koran, agen tenaga kerja, agen makanan ringan atau snack cemilan, dan lain sebagainya.
  3. Kegiatan konsumsi adalah kegiatan menghabiskan atau mengurangi guna barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup. Contoh kegiatan konsumsi adalah seperti makan (gambar 4.1), potong rambut, berobat ke dokter, beli pisang goreng dan sebagainya.
Gambar 122a. Salah satu usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya (ilustrasi foto/Pujiwati Cargo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button