Advertisement
Advertisement
Advertisement
EkonomiSMK Ekonomika

Jika Harga Barang Naik Maka Permintaan Akan Turun

Advertisement

Jika Harga Barang Naik Maka Permintaan Akan Turun, Bunyi hukum permintaan yaitu “Jika harga suatu barang meningkat, maka jumlah barang yang diminta akan turun.

Sebaliknya, jika harga suatu barang turun, maka jumlah barang yang akan diminta akan meningkat (Cateris Paribus)” Untuk lebih jelasnya lagi bisa dilihat pada video hukum permintaan pada link berikut: https://bit.ly/2KnB6H9 (Nisa, 2019, Awaluddin dan Wijayati 2018).

Gambar 33a. Kurva permintaan berdasarkan tabel permintaan (ilustrasi foto/istimewa)

Jika Harga Barang Naik, Hubungan antara harga dengan jumlah barang yang diminta bisa diketahui melalui fungsi permintaan.

Advertisement

Fungsi permintaan mengikuti hukum permintaan yaitu apabila harga suatu barang naik maka permintaan akan barang tersebut juga menurun dan sebaliknya apabila harga barang turun maka permintaan akan barang tersebut meningkat.

Jadi, hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta oleh konsumen memiliki hubungan yang terbalik, sehingga gradien dari fungsi permintaan (b) akan selalu negatif.

Artikel Terkait

Bentuk umum fungsi permintaan dengan dua variabel adalah sebagai berikut: Qd = a – bPd

Keterangan: a dan b = konstanta, dimana b harus bernilai negatif. b = ∆Qd / ∆Pd Pd = harga barang per unit yang diminta Qd = banyaknya unit barang yang diminta.

Syarat, P ≥ 0, Q ≥ 0, serta dPd / dQ < 0

Gambar 33b. Rumus fungsi permintaan (ilustrasi foto/istimewa)

Keterangan: Pd1 = harga awal Qd1 = kuantitas awal Pd2 = harga akhir Qd2 = kuantitas akhir

Advertisement

Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi permintaan bisa dipelajari lebih lanjut melalui link video berikut https://youtu.be/psV1orh-OoM (soal perhitungan fungsi permintaan dan fungsi penawaran) (Nisa, 2019).

Elastitisitas Permintaan

Jika seseorang bertanya, untuk menaikkan hasil penjualan/keuntungan, apakah saya harus menaikkan harga jual ataukah menurunkannya? Jawabannya adalah tergantung dari elastisitas permintaan barang tersebut.

Elastisitas permintaan harga (selanjutnya disebut elastisitas permintaan) adalah ukuran mengenai seberapa responsif jumlah barang yang diminta terhadap perubahan harga. Hukum permintaan menyatakan bahwa kenaikan harga akan menyebabkan penurunan jumlah barang yang diminta.

Advertisement

Baca juga 2 Kelompok Saluran distribusi Besar Pedagang dan Agen

Namun, hukum permintaan tersebut tidak bisa menjawab pertanyaan “berapa penurunan jumlah barang yang diminta jika terjadi kenaikan harga sebanyak 10%?” pertanyaan tersebut dapat dijawab jika koefisien elastisitas permintaan (Ed) diketahui.

Modul Belajar Mandiri: Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial - Ekonomi

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button