ArtikelBerita

Jenis Metode Pembelajaran yang Sering Digunakan oleh Pengajar

Jenis Metode Pembelajaran yang Sering Digunakan oleh Pengajar. Terdapat macam-macam jenis metode pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar. Penting bagi pengajar dalam memahami berbagai macam metode pembelajaran yang ada. Proses belajar di kelas membutuhkan metode khusus yang jelas. Tujuannya agar dapat mencapai pembelajaran yang efektif dan efisien. 

Metode pembelajaran adalah cara dalam melakukan aktivitas antara pendidik dan peserta didik saat berinteraksi selama proses belajar. Pengajar perlu mengetahui dan mempelajari metode pengajaran agar dapat menyampaikan materi serta dipahami oleh peserta didik dengan baik. 

Inilah Beberapa Jenis Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran dipraktekkan pada saat mengajar dan dibuat semenarik mungkin. Hal ini agar siswa dapat belajar dengan efektif dan efisien. Berikut ini adalah metode pengajaran dalam proses belajar yang sering digunakan.

Metode Ceramah

Metode ceramah merupakan metode pembelajaran yang berfokus pada pengajar. Melalui metode ini, para siswa akan duduk tenang dan mendengarkan apa yang disampaikan oleh pengajar. Pengajar akan menjelaskan materi secara lisan dan langsung kepada para siswa. Setelah itu, juga akan memberikan tugas yang harus dikerjakan. 

Dengan kata lain, siswa yang secara pasif menerima materi. Sementara pengajar yang secara aktif menyampaikan materi. Namun, metode pembelajaran ini dianggap dapat membatasi kebebasan berpikir dan kreativitas siswa. Sebab, siswa tidak mendapatkan stimulasi motivasi yang memadai dalam berpikir kritis.

Metode Tanya Jawab

Jenis metode pembelajaran yang banyak digunakan selanjutnya yakni tanya jawab. Melalui metode ini, pengajar akan memberikan pertanyaan kepada para siswa. Partisipasinya yang sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran ini. Metode yang satu ini dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Selain itu, metode ini juga dapat membantu melatih keberanian dalam menyampaikan pendapat.

Metode Diskusi

Metode diskusi merupakan metode pengajaran yang erat kaitannya dengan belajar memecahkan masalah. Jenis metode ini juga digunakan secara berkelompok atau diskusi kelompok. Sehingga dapat bertukar informasi, pendapat dan unsur-unsur pengalaman secara teratur. Tentunya dengan maksud untuk mendapat pengertian yang sama, lebih jelas dan lebih teliti tentang sesuatu. Bahkan dapat mempersiapkan dan menyelesaikan keputusan bersama.

Metode Demonstrasi

Metode  demonstrasi  dan  eksperimen  termasuk jenis metode pembelajaran yang sangat efektif. Hal ini karena membantu para siswa untuk mencari jawaban dengan usahanya sendiri berdasarkan fakta yang benar. Demonstrasi yang dimaksud yakni suatu metode mengajar yang memperlihatkan mengenai proses terjadinya sesuatu. Penggunaan metode  ini membantu  para  siswa  untuk  memperoleh  jawaban  dengan mengamati suatu proses atau peristiwa tertentu. 

Baca juga Prinsip-prinsip projek penguatan profil pelajar Pancasila

Metode Kerja Kelompok

Metode pembelajaran yang sering digunakan selanjutnya yakni kerja kelompok. Metode yang satu ini sering digunakan di sekolah. Belajar kelompok memungkinkan para siswa untuk mempelajari suatu materi dan mengerjakan tugas dengan anggota kelompoknya. Dalam prosesnya, siswa akan mempelajari keterampilan berpikir kritis, komunikasi, memecahkan masalah, dan yang lainnya.

Metode Resitasi 

Metode pembelajaran ini merupakan metode mengajar dengan siswa harus membuat resume mengenai materi yang sudah disampaikan pengajar. Selanjutnya perlu menuliskannya pada kertas dan menggunakan bahasa sendiri.

Baca juga Perlunya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Metode Berbasis Proyek

Metode berbasis proyek merupakan metode pembelajaran yang mengharuskan siswa menyelesaikan proyek yang diberikan pengajar. Melalui metode ini, siswa akan mendapatkan pengetahuan, berpikir kritis, mengevaluasi, menganalisis, berkolaborasi, hingga mengambil keputusan. Biasanya proyek dibuat sebagai jawaban atas suatu permasalahan. Para siswa pun menjawabnya melalui proyek yang telah dibuat.

Jenis metode pembelajaran yang digunakan saat ini cukup beragam. Penggunaan metode tersebut membantu siswa untuk belajar dengan efektif dan efisien.

Gambar. Membangun komunikasi yang baik antara guru dan siswa membangkitkan semangat untuk belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker