EkonomiSMK Ekonomika

Fungsi Asli Uang yang beredar di seluruh dunia maupun di Indonesia

Fungsi Asli Uang yang sekarang beredar di seluruh dunia maupun di Indonesia, seperti yang telah kita ketahui salah satu fungsi uang adalah sebagai alat tukar. Untuk lebih terperinci lagi mari kita pelajari lebih lanjut.

1) Uang sebagai alat tukar umum

Uang berfungsi sebagai alat tukar umum apabila uang dipergunakan untuk membeli atau mendapatkan barang dan atau jasa. Contoh: membeli buku dengan uang (uang ditukar dengan buku).

2) Uang sebagai satuan hitung

Fungsi Asli Uang merupakan satuan ukuran yang digunakan untuk menentukan besarnya nilai atau harga suatu barang dan jasa. Dengan adanya uang, mudah menentukan nilai suatu barang. Contoh: harga sebuah kalkulator Rp150.000,00, harga sebuah buku Rp20.000,00, dan sebagainya.

Fungsi Turunan Uang

1) Uang sebagai alat pembayaran 2) Uang sebagai alat untuk menabung 3) Uang sebagai pemindah kekayaan 4) Uang sebagai pembentuk/penimbun kekayaan 5) Uang sebagai alat pendorong kegiatan ekonomi.

Nilai Uang

a. Nilai Nominal

Nilai nominal uang adalah nilai yang tertera/tertulis pada setiap mata uang yang bersangkutan. Contoh: pada uang Rp50.000,00 tertera angka lima puluh ribu rupiah, maka nilai nominal uang tersebut adalah lima puluh ribu rupiah.

Gambar 53a. Nominal uang yang beredar di Indonesia (ilustrasi foto/Jeda.ID)

b. Nilai Intrinsik

Nilai intrinsik uang adalah nilai bahan yang digunakan untuk membuat uang. Contoh: untuk membuat uang kertas Rp50.000,00 diperlukan kertas dan bahan lainnya yang harganya Rp3.000,00, maka nilai intrinsik uang tersebut adalah Rp3.000,00.

c. Nilai Riil

Nilai riil uang adalah nilai yang dapat diukur dengan jumlah barang dan jasa yang dapat ditukar dengan uang itu. Jika uang Rp1.000,00 dapat ditukar dengan satu gelas minuman teh, maka dapat dikatakan bahwa nilai riil uang Rp1.000,00 adalah segelas minuman teh.

Baca juga Sifat hubungan antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan

Modul Belajar Mandiri: Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial - Ekonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button