EkonomiSMK Ekonomika

2 Kelompok Saluran distribusi Besar Pedagang dan Agen

2 Kelompok Saluran distribusi Besar Pedagang dan Agen, Saluran distribusi dapat dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu pedagang dan agen.

1. Pedagang

2 Kelompok Saluran distribusi, pedagang adalah orang atau perusahaan yang usahanya memperjualbelikan barang-barang dagangan dan ikut memiliki barang tersebut, meskipun kepemilikannya tidak secara fisik. Secara umum pedagang dapat dikategorikan dalam 3 (tiga) jenis :

  • Produsen yang sekaligus menjual hasil produksinya kepada konsumen.
  • Pedagang besar disebut juga wholeseller (grosir) adalah pihak yang membeli barang-barang dagangan dan menjualnya kembali kepada pedagang besar lain, pengecer atau produsen bukan ke konsumen. Fungsi grosis yang utama adalah mengumpulkan dan menyebarkan. Grosir berbeda dengan agen karena grosir membeli dan memiliki produk yang ditangani. Grosir dengan pelayanan penuh memberikan kredit, informasi pasar, dan saran-saran seperti penetapan harga kepada pelanggan. Para pedagang kecil hampir tidak dapat dapat beroperasi tanpa adanya pelayanan dari grosir.
  • Pedagang Kecil/Retailer/Pengecer Pengecer adalah suatu perusahaan yang membeli barang-barang dari produsen atau grosir kemudian menjualnya kepada konsumen. Penjualan eceran meliputi semua kegiatan yang berkaitan dengan penjualan barangbarang dan jasa untuk konsumen terakhir. Adapun lembaga-lembaga yang berniaga secara eceran adalah:
  1. Toserba (department store). Toserba biasanya merupakan toko yang besar dan dikelompokkan ke dalam departemen-departemen (bagian bagian) yang didirikan di dalam kota atau di pusat-pusat perbelanjaan.
  2. Supermarket (Swalayan). Setiap konsumen dapat melayani sendiri, memilih dan menentukan barang yang akan dibeli sesuai kemampuan dengan pembayaran dilakukan secara kontan. Biasanya swalayan menyediakan berbagai barang kebutuhan mulai dari makanan, obat- obatan, daging, peralatan rumah tangga, elektronik, dan sebagainya.
  3. Toko Khusus. Pada setiap pusat pembelajaan biasanya tersedia tokotoko yang menjual barang-barang khusus, seperti: toko makanan, kedai caffe, toko sepatu, toko pakaian, toko mainan, dan sebagainya.

Baca juga Aktivitas produksi distribusi dan konsumsi dalam kegiatan ekonomi

Gambar19a. Agen Kebutuhan Sehari-hari dan Sembagi yang berfungsi melayani kebutuhan masyarakat (ilustrasi foto/Notordinaryblogger)
Modul Belajar Mandiri: Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial - Ekonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker