Advertisement
Advertisement
GeografiIPS Kelas 8

Tingkat Kesehatan dan Kesejahteraan Penduduk Indonesia

Advertisement

Tingkat Kesehatan dan Kesejahteraan Penduduk Indonesia. Keadaan atau tingkat kesehatan penduduk merupakan faktor yang turut menentukan mutu penduduk yang meliputi pemenuhan kebutuhan pokok penduduk, kematian, usia harapan hidup, gizi, dan sanitasi lingkungan.

Faktor-faktor tersebut saling memengaruhi dalam menentukan mutu penduduk. Jika salah satu unsur tidak terpenuhi maka mutu penduduknya akan rendah. Misalnya, usia harapan hidup tinggi sangat dipengaruhi oleh unsur pemenuhan kebutuhan pokok penduduk, gizi, dan sanitasi lingkungan.

Masalah kualitas penduduk Indonesia di bidang kesehatan adalah rendahnya tingkat kesehatan penduduk, usia harapan hidup, dan tingginya angka kematian bayi. Tingkat kesehatan penduduk rendah disebabkan oleh kurangnya kebersihan lingkungan, gejala kekurangan gizi makanan, terbatasnya fasilitas kesehatan, kurangnya pengetahuan penduduk tentang kesehatan, dan kemampuan penduduk untuk membeli obat-obatan yang terbatas.

Advertisement

Pokok permasalahan dalam fasilitas kesehatan adalah kurangnya jumlah tempat tidur di rumah sakit, perawat, dan dokter, dibandingkan dengan jumlah penduduk. Keadaan ini turut memengaruhi mutu penduduk sebagai sumber daya manusia. Sebagai gambaran mengenai kurangnya fasilitas kesehatan dapat dilihat pada Tabel.

Keadaan Fasilitas Kesehatan Indonesia Tahun 2003 / Sumber: Badan Pusat Statistik Indonesia 2003

Tingkat Kesejahteraan Penduduk Indonesia

Tingkat Kesehatan dan Kesejahteraan Penduduk Indonesia. Masalah mutu penduduk Indonesia di bidang kesejahteraan penduduk adalah pemenuhan kebutuhan pokok dan tingkat pendapatan penduduk yang rendah. Pemenuhan kebutuhan pokok penduduk akan pangan sudah dapat dipenuhi dengan baik.

Yang menjadi permasalahan adalah keadaan gizi makanan yang masih kurang. Keadaan gizi makanan akan berpengaruh pada daya tahan tubuh terhadap penyakit dan segala kegiatan manusia. Sementara keadaan gizi makanan penduduk di negara kita relatif rendah.

Tingkat penghasilan atau pendapatan penduduk atau Per Capita Income (PCI) adalah pendapatan tiap orang secara rata-rata dalam setahun. Untuk memperoleh angka pendapatan per kapita diperoleh dari jumlah produk nasional dibagi jumlah penduduk.

Tingkat pendapatan penduduk berhubungan dengan jenis mata pencaharian penduduk. Tingkat pendapatan penduduk negara industri relatif tinggi, sedangkan negara agraris relatif rendah. 

Baca juga Dinamika Kependudukan Indonesia

Advertisement

Jendela Info

Rumah sakit di negara kita dikelompokkan menjadi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di tingkat kecamatan, Rumah Sakit Umum di tingkat kabupaten, dan Rumah Sakit Umum Pusat di tingkat provinsi.

Selain itu, ada klinik yang khusus untuk melayani pemeriksaan dan pengobatan orang sakit, rumah bersalin yang khusus untuk tempat ibu melahirkan, apotek dan rumah obat sebagai tempat untuk membeli obat-obatan.

Aktivitas Individu

Advertisement
  1.  Amatilah keluarga di sekitar lingkungan tempat tinggal kalian! Tulislah permasalahan penduduk yang dihadapi penduduk di sekitar kalian! Catat hasilnya di buku catatan kalian dan serahkan pada guru kalian untuk dikoreksi!
  2. Apa faktor penyebab permasalahan penduduk yang muncul di sekitar kalian! Serahkan hasilnya kepada guru kalian untuk dikoreksi!

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button