PJJ IPS KELAS 8

Saluran-saluran Mobilitas Sosial Dalam Kehidupan Manusia

Saluran-saluran Mobilitas Sosial Dalam Kehidupan Manusia, Apakah Ananda pernah menemui seseorang yang terkena dapak dari mobilitas sosial? Mari kita pelajari lebih lanjut.

Mobilitas sosial atau gerak sosial merupakan perpindahan status seseorang atau kelompok ke status yang lain. Perpindahan status ini bisa berupa peningkatan atau pun penurunan. Mobilitas sosial hanya bisa terjadi pada masyarakat terbuka.

Tak hanya bentuk-bentuk mobilitas sosial, namun mobilitas juga mempunyai sejumlah saluran yang berfungsi sebagai sarana untuk melakukan mobilitas sosial. Saluran-saluran Mobilitas Sosial di Indonesia, Ananda tentu berpikir, bagaimana caranya agar mobilitas sosial itu terjadi?

Setiap orang dapat mewujudkan mobilitas sosial di lingkungan atau instansi tempat ia sedang berkarya. Sebagai contoh, bagi seorang guru yang sedang bertugas di lembaga pendidikan, ia dapat mewujudkan mobilitas sosial di lembaga pendidikan tersebut.

Seorang politikus di partai politik dapat melakukan mobilitas sosial di partai politik yang ia ikuti.

Gambar Saluran-saluran mobilitas sosial (ilustrasi foto/istimewa)

Aktivitas Siswa

Buatlah laporan hasil identifikasi mobilitas sosial di sekitar tempat tinggal!

  1. Amati kondisi lingkungan di tempat tinggal kalian?
  2. Identifikasi bentuk bentuk mobilitas sosial yang ada
  3. Diskusikan dengan temanmu apabila ada yang tinggal di wilayah yang sama
  4. Buatlah laporan dalam bentuk file di microsoft word
  5. Kirim laporan kepada guru untuk mendapatkan penilaian dan komentar dengan email/google class room /WhatsApp sesuai kesepakatan apabila memungkinkan kirim secara langsung.

Baca juga Saluran-saluran Mobilitas Sosial di Indonesia

Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button