IPS Kelas 8

Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Ekonomi Transportasi dan Komunikasi

Dalam peta konsep tersebut, tampak bahwa Pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan ekonomi transportasi dan komunikasi. Setelah kamu mempelajari tentang keunggulan lokasi Indonesia, selanjutnya kamu pelajari tentang pengaruh lokasi terhadap kegiatan ekonomi, transportasi dan komunikasi. Untuk mempermudah kamu dalam mempelajari materi tersebut, kamu perhatikan gambar di bawah ini!

Gambar 1.3. Perbandingan denah lokasi yang strategis dan kurang strategis

Setelah memperhatikan gambar 1.3, dapatkah kamu memilih lokasi yang tepat untuk melakukan kegiatan ekonomi? Tentu kamu akan memilih lokasi yang strategis. Apabila kamu ingin mendirikan toko kelontong, tentu kamu akan memilih lokasi yang strategis. Lokasi yang seperti apa yang kamu anggap strategis? Untuk membantu menemukan lokasi strategis, kerjakan aktivitas kelompok berikut.

Setelah kamu mendiskusikan kegiatan belajar di atas, kamu tentu akan dapat menentukan lokasi strategis, yang mudah dijangkau, mudah memperoleh pasokan barang, mudah melakukan distribusi barang, dekat dengan berbagai sarana yang mendukung usaha, dan sebagainya. Apabila kamu melakukan pengamatan di sekitar tempat tinggalmu, tentu lokasi tersebut mahal harganya dibandingkan lokasi yang kurang strategis.

Bangsa Indonesia harus selalu bersyukur, karena dikaruniai Tuhan lokasi yang sangat strategis. Adanya lokasi strategis tersebut, berbagai kegiatan ekonomi, komunikasi, dan transportasi dapat berkembang pesat di Indonesia. Bagaimana pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan ekonomi, transportasi, dan komunikasi di Indonesia? Untuk memahami materi tersebut kamu pelajari uraian di bawah ini.

1. Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Ekonomi

Dalam pembelajaran sebelumnya, kamu sudah mempelajari tentang keunggulan lokasi Indonesia. Keunggulan lokasi Indonesia meliputi tiga hal yaitu iklim, geostrategis dan tanah. Ketiga keunggulan lokasi yang dimiliki Indonesia tersebut akan berpengaruh pada kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat, tampak pada gambar di samping. Sebelum kamu memahami tentang pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan ekonomi, kamu terlebih dahulu harus memahami tentang kegiatan ekonomi.

a. Kegiatan Ekonomi

Apakah kamu sudah memahami tentang kegiatan ekonomi? Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat ada tiga yaitu: produksi, distribusi dan konsumsi, seperti tampak pada gambar 1.4

Gambar 1.4. Toko kelontong, proses produksi gula, dan usaha berjualan es cendol

Ketiga kegiatan ekonomi tersebut mempunyai hubungan yang sangat erat dan saling bergantung. Mata rantai dari ketiga kegiatan ekonomi dapat kamu pahami dengan cara membaca uraian berikut. Produksi memerlukan adanya distribusi dan konsumsi. Artinya kegiatan produksi tanpa kegiatan distribusi dan konsumsi tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Kegiatan distribusi tidak mungkin ada tanpa adanya barang yang diproduksi dan yang mengonsumsi barang tersebut. Kegiatan konsumsi tidak akan terlaksana kalau tidak ada yang memproduksi barang dan yang mendistribusikan barang tersebut.

Ketiga mata rantai kegiatan ekonomi dapat digambarkan sebagai berikut : Setelah kamu memahami tentang keterkaitan antara produksi, distribusi dan konsumsi, kamu perlu memahami tentang pengertian dari masing-masing kegiatan ekonomi yaitu produksi, distribusi dan konsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker