ArtikelPedagogi

Perangkat Media Pembelajaran dalam kegiatan belajar

Perangkat Media Pembelajaran dalam kegiatan belajar, Dalam membahas media, yang termasuk perangkat media adalah: material, equipment, hardware, dan software. Istilah material berkaitan erat dengan istilah equipment dan istilah hardware berhubungan dengan istilah software.

Material (bahan media) adalah sesuatu yang dapat dipakai untuk menyimpan pesan yang akan disampaikan kepada auidien dengan menggunakan peralatan tertentu atau wujud bendanya sendiri, seperti transparansi untuk perangkat overhead, film, film-strip, slide, gambar, grafik, dan bahan cetak.

Sedangkan equipment (peralatan) ialah sesuatu yang dipakai untuk memindahkan atau menyampaikan sesuatu yang disimpan oleh material kepada audien, misalnya proyektor film slide, video tape recorder, papan tempel, papan flanel, dan sebagainya.

Istilah hardware dan software tidak hanya dipakai dalam dunia komputer, tetapi juga untuk semua jenis media pembelajaran. Contoh, isi pesan yang disimpan dalam transparansi OHP, kaset audio, kaset video, film slide.

Software adalah isi pesan yang disimpan dalam material, sedangkan hardware adalah peralatan yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang telah dituangkan ke dalam material untuk dikirim kepada audien. Contoh, proyektor overhead, proyektor film, video, tape- recorder, proyektor slide, proyektor filmstrip.

Gambar 9a. Salah satu penggunaan media pembelajaran (ilustrasi foto/Siedoo)

Rangkuman

  • Tinjauan tentang landasan penggunaan media pembelajaran antara lain landasan psikologis, teknologis, empiric dan filosofis.
  • Sasaran akhir dari teknologi pembelajaran adalah memudahkan belajar siswa untuk mencapai sasaran akhir ini teknologi pembelajaran mengembangkan berbagai sumber belajar untuk memenuhi kebutuhan setiap siswa sesuai dengan karakteristiknya.
  • Siswa akan mendapat keuntungan apabila belajar dengan menggunakan media yang sesuai dengan karakteristiknya.
  • Ada tujuh prinsip dalam menggunakan media pembelajaran.
  • Empat perangkat media pembelajaran adalah material, equipment, hardware, dan software.

Baca juga Posisi Media Pembelajaran dalam proses belajar

Daftar Pustaka:

  • Sudono, Anggani. 2004. Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta : Grasindo
  • Bean, Reynold. 1995. Cara Mengembangkan Kreativitas Anak (terjemahan Med. Meitasari Tjandrasa). Jakarta : Binarupa Aksara
  • Sadiman, A.S. 1986. Media pendidikan: pengeratian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Cv. Rajawali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button