EkonomiSMK Ekonomika

Pasar Monopoli ditimbulkan oleh faktor-faktor berikut ini

Pasar Monopoli ditimbulkan oleh faktor-faktor berikut ini, Menurut Salvatore dalam Sukirno (2003) faktor-faktor yang menimbulkan monopoli antara lain :

  1. Perusahaan menguasai sumberdaya tertentu yang unik dan tidak dimiliki perusahaan lain.
  2. Perusahaan dapat berproduksi dengan skala ekonomis, artinya perusahaan dapat menghasilkan produk semakin besar jumlahnya dengan biaya serendah mungkin jika dibandingkan dengan perusahaan lain.
  3. Perusahaan diberi hak monopoli oleh pemerintah atau organisasi tertentu sehingga mempunyai hak eksklusif yang besar misalnya hak paten dan hak cipta.

Pasar Monopoli ditimbulkan oleh faktor-faktor, Struktur pasar monopoli dapat melakukan diskriminasi harga, yaitu menjual barang yang sama dengan harga yang berbeda pada pasar/konsumen yang berbeda.

Diskriminasi harga adalah penetapan harga yang berbeda-beda pada produk yang sama dan pada waktu/tempat/pasar yang berbeda untuk setiap pelanggan yang berbeda.

Misalnya : kebijakan diskriminasi harga yang dilakukan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN), dimana tarif listrik untuk industri berbeda dengan tarif listrik rumah tangga.

Pasar monopoli mempunyai keunggulan dan kelemahan sebagai berikut : Keunggulan pasar monopoli :

  1. monopoli dapat mendorong berkembangnya teknologi dan inovasi terutama dalam upaya menekan biaya produksi,
  2. memaksimumkan keuntungan dengan melakukan diskriminasi harga yaitu melakukan penjualan dengan harga yang berbeda pada dua pasar yang berbeda.

Kelemahan pasar monopoli : a) distribusi pendapatan tidak merata, b) penetapan harga jual produk tanpa menghiraukan daya beli masyarakat.

Mayoritas struktur pasar yang terdapat dalam perekonomian masyarakat adalah terletak diantara dua titik ekstrem diatas (persaingan sempurna dan monopoli).

Persaingan Monopolistik

Pasar persaingan monopolistik memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan pasar persaingan sempurna, yaitu:

  1. Terdapat banyak penjual namun tidak sebanyak dalam pasar persaingan sempurna.
  2. Terdapat kemudahan untuk masuk atau keluar dari pasar.
  3. Barang yang dihasilkan para produsen dalam pasar ini memiliki kesamaan (terutama fungsi utamanya) namun masih terdapat perbedaan-perbedaan. Misalnya sikat gigi, ada yang ujungnya lancip, ada yang batangnya agak melengkung, ada yang menggunakan baterai, ada yang menggunakan penutup, dan sebagainya namun fungsinya adalah tetap sebagai penyikat gigi. Oleh karenanya produk-produk dalam pasar ini dapat saling menggantikan (higly substitutable).

Karena ciri-ciri tersebut, terutama ciri ke-3, produsen dalam pasar ini memiliki sedikit kekuasaan atas pasar (small amount of market power).

Seorang produsen masih mungkin menaikkan harga jual sedikit karena produknya memiliki sedikit perbedaan produk lain, namun jika harga-nya terlalu tinggi dibanding dengan produk lain yang sejenis, maka konsumen akan membeli produk merek yang lain.

Baca juga Permintaan dan penawaran dalam ilmu ekonomi merupakan Pasar

Kurva permintaan yang dimiliki oleh produsen pada pasar monopolistik menurun dari kiri atas ke kanan bawah dan bersifat elastis, hal ini dikarenakan produsen dapat menentukan harga pasar.

Gambar 47a. Kurva pasar persaingan monopolistic
Modul Belajar Mandiri: Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial - Ekonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button