Pedagogi

Langkah Desain Pembelajaran berorientasi pada keterampialan berpikir

Langkah Desain Pembelajaran, Desain pembelajaran yang dikembangkan perlu diperhatikan langkah-langkah yang sistematis yang mengajak guru untuk merunut alur desain pembelajaran berorientasi pada keterampilan bepikir tingkat tinggi.

Langkah-langkah strategis yang perlu diperhatikan dapat dilihat sebagai berikut:

  1. Menentukan dan menganalisis kompetensi dasar yang sesuai dengan tuntutan Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Kompetensi Dasar yang menjadi sasaran minimal yang akan dicapai dan menentukan target yang akan dicapai sesuai dengan Kompetensi Dasar dengan cara memisahkan target kompetensi dengan materi yang terdapat pada KD sesuai dengan format.
  2. Proyeksikan dalam sumbu simetri seperti pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan tingkat tinggi. Kombinasikan dimensi pengetahuan dengan proses berpikir.
  3. Perumusan indikator pencapaian kompetensi dapat dilakukan dengan mengikuti langkah sebagai berikut:
    • Perhatikan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan yang menjadi target yang harus dicapai peserta didik;
    • Tentukan KD yang akan diturunkan menjadi IPK;
    • Menggunakan kata kerja operasional yang sesuai untuk perumusan IPK agar konsep materi dapat tersampaikan secara efektif. Gradasi IPK diidentifikasi dari Lower Order Thinking Skills (LOTS) menuju Higher Order Thinking Skills (HOTS);
    • Merumuskan IPK pendukung dan IPK kunci, sedangkan IPK pengayaan dirumuskan apabila kompetensi minimal KD sudah dipenuhi oleh peserta didik.
  4. Merumuskan tujuan pembelajaran, apakah peningkatan kognitif, psikomotor, atau afektif. Perumusan tujuan pembelajaran harus jelas dalam menunjukkan kecakapan yang harus dimiliki peserta didik. Tujuan pembelajaran mengisyaratkan bahwa ada beberapa karakter kecakapan yang akan dikembangkan guru dalam pembelajaran. Selain itu, tujuan pembelajaran ini juga bertujuan untuk menguatkan pilar pendidikan.
  5. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran berdasarkan model pembelajaran:
    • Pahami KD yang sudah dianalisis;
    • Pahami IPK dan materi pembelajaran yang telah dikembangkan;
    • Pahami sintak-sintak yang ada pada model pembelajaran, rumuskan kegiatan pendahuluan yang meliputi orientasi, motivasi, dan apersepsi.
    • Rumuskan kegiatan inti yang berdasarkan pada: IPK; Karakteristik peserta didik; Pendekatan saintifik; 4C (creativity, critical thinking, communication, collaboration); dan PPK dan literasi.
    • Rumuskan kegiatan penutup yang meliputi kegiatan refleksi baik individual maupun kelompok. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; melakukan kegiatan tindak lanjut; menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya; dan Kegiatan penutup dapat diberikan penilaian akhir sesuai KD bersangkutan.
    • Tentukan sumber belajar berdasarkan kegiatan pembelajaran;
    • Rumusan penilaian (formatif dan sumatif) untuk pembelajaran yang mengaju kepada IPK.

Baca juga Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi sebagai Transfer of Knowledge

Implementasi pada poin poin e (Langkah-langkah kegiatan pembelajaran berdasarkan model pembelajaran:), dapat diperhatikan dengan format untuk mengimplementasikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button