Advertisement
Advertisement
SMK Ekonomika

A. Konsep Dasar Administrasi Perkantoran

Advertisement

PENGERTIAN ADMINISTRASI

Secara etimologi kata Administrasi berasal dari bahasa Latin, yaitu Ad yang memiliki arti intensif dan ministrare yang memiliki arti melayani,membantu, dan memenuhi. Dalam bahasa inggris “administration”.

Menurut KBBI administrasiadalah usaha dan keguatan meliputi penetapantujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraanpembinaan organisasi; usaha dan kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan;kegiatan kantor dan tata usaha.

Administrasi adalah perencanaan,pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaanperkantoran, serta penggerakan mereka yangmelaksanakannya agar mencapai tujuan yangtelah ditetapkan.

Advertisement

Pengertian Administrasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  1. Arthur Grager: fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayananwarkat suatu organisasi.
  2. George Terry: perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaanperkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanankan agar mencapai tujuanyang telah ditetapkan.
  3. Sondang P. Siagian: keseluruhan dari proses kerja sama dua orang atau lebihyang didasarkan dari atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telahditentukan sebelumnya.
  4. Dalam arti sempit, adalah kegiatan penyusunan dan pencatatan data daninformasi secara sistematis dengan tujuan menyediakan keterangan bagi pihakyang membutuhkan serta memudahkan memperoleh kembali informasi secarakeseluruhan dalam hubungan satu sama lain, atau dengan kata lain disebut tatausaha.
  5. Dalam arti luas, adalah kegiatan kerjasama yang dilakukan oleh dua orang ataulebih berdasarkan pembagian kerja yang telah ditentukan dalam struktur organisasidengan mendayagunakan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan secaraefektif dan efisien

Unsur-unsur Administrasi

Menurut The Liang Gie dalam buku: “Administrasi Perkantoran Modern” terdiri dari delapan unsur:

  1. Pengorganisasian
  2. Manajemen
  3. Tata hubungan
  4. Kepegawaian
  5. Keuangan
  6. Perbekalan
  7. Tata usaha
  8. Perwakilan

Baca juga B. Fungsi Administrasi

Ciri-ciri Administrasi

Administrasi memiliki beberapa karakteristik/ciri-ciri atara lain sebagai berikut:

  1. Terdapat kelompok manusia yang terdiri dari 2 orang atau dengan lebih
  2. Terdapat kerja sama
  3. Terdapat proses atau usaha
  4. Terdapat bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan
  5. Terdapat tujuan

Advertisement
Read article
Advertisement
Back to top button