Advertisement
Advertisement
ArtikelBerita

Ekonomi Kreatif Adalah Proses Ekonomi dengan Ide Kreatif, Yuk Simak!

Advertisement

Ekonomi kreatif saat ini sangat menjamur di kalangan masyarakat, di daerah perkotaan maupun pedesaan. Banyak orang yang menggagas ekonomi untuk membantu memajukan kesejahteraan bersama atau masyarakat. Ekonomi kreatif adalah salah satu sektor perekonomian yang menggunakan ide dan pengetahuan berkonsep kreativitas dari manusia menjadi peran sebagai produksi utama. 

Proses Ekonomi dengan Ide Kreatif, Yuk Simak Penjelasanya!

Seiring berjalannya waktu, perkembangan pada bidang ekonomi pada akhirnya sampai di taraf kreatif. Di mana kreativitas menjadi hal utama dalam pengembangan ekonomi. Apalagi dengan mengingat keadaan yang bertahan melawan pandemi. Kreativitas dan inovasi baru harus terus bertambah mengingat harus menyesuaikan hidup dengan keadaan. Berikut ini kita akan membahas, simak sampai habis! 

Pengertian

Ekonomi kreatif adalah proses ekonomi yang termasuk kegiatan produksi dan distribusi barang dan juga jasa di dalamnya yang membutuhkan gagasan dan ide kreatif serta kemampuan intelektual dalam membangunnya. Di dalam konsep kreatif, salah satu hal yang dibutuhkan adalah kreativitas. 

Advertisement

Industri kreatif merupakan inti dari bidang kreatif yang digerakkan oleh para inovator dan kreator. Dalam bentuk sederhananya, hal ini bentuk pengembangan dari konsep ekonomi, namun dengan penambahan kreativitas. Kreativitas tersebut tidak hanya terbatas pada kegiatan produksi saja, tetapi juga masuk ke dalam bagaimana penggunaan bahan baku serta inovasi suatu teknologi di dalamnya. 

Ciri-Ciri Ekonomi Kreatif 

Dalam bidang kreatif, ada beberapa ciri yang dapat menggambarkan bagaimana sektor ekonomi kreatif tersebut. Berikut ini adalah ciri-ciri utamanya. 

1. Mudah diganti

Maksud dari mudah diganti ini adalah, suatu jenis inovasi dalam bidang ekonomi kreatif harus selalu dikembangkan. Maka diharapkan mudah diganti untuk menyesuaikan pasar. 

2. Memiliki kreasi intelektual

Kreasi intelektual yang dimaksud ini adalah sangat dibutuhkannya kreativitas dan keahlian lainnya dalam masing-masing jenis sektor. 

Advertisement

3. Distribusi secara langsung dan tidak langsung 

Hal ini didasarkan pada kebijakan yang ada di dalam suatu perusahaan yang tentu memperhatikan kebutuhan konsumen. 

4. Berbasis pada ide dan tidak memiliki batasan 

Advertisement

Kreativitas dan inovasi dari setiap orang yang terlibat dalam menciptakan suatu produk di bidang tertentu tidak memiliki batasan yang pasti. 

5. Memerlukan kerja sama 

Kegiatan ini merupakan salah satu kreatif yang menghasilkan produksi (foto/istimewa)

Jenis-Jenis Bidang Ekonomi Kreatif 

Industri ini tentunya meliputi banyak sektor pekerjaan di dalamnya dan dibagi menjadi 14 sektor produksi.

Advertisement
  1. Kerajinan
  2. Periklanan 
  3. Pasar Seni 
  4. Desain
  5. Arsitektur 
  6. Game interaktif 
  7. Perfilman, video, dan fotografi
  8. Mode 
  9. Industri musik 
  10. Seni drama 
  11. Penyiaran radio dan televisi 
  12. Penerbitan dan percetakan 
  13. Layanan komputer dan perangkat lunak atau aplikasi, dan 
  14. Penelitian dan pengembangan

Manfaat Ekonomi Kreatif 

1. Mendorong masyarakat menjadi lebih kreatif 

Kreativitas akan semakin berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Dengan perkembangan itu, seseorang akan merasa dituntut menjadi lebih kreatif. Kemudian akan muncul ide-ide yang unik dan belum ada sebelumnya. 

2. Membuka lapangan pekerjaan baru 

Hadirnya ekonomi kreatif ini menjadi pembuka jalan untuk lapangan pekerjaan baru. Semakin banyaknya kreativitas dan inovasi dari orang-orang yang membuka bisnis. Semakin banyak produk-produk baru yang dihasilkan. Dengan begitu semakin banyak tenaga kerja yang diperlukan dalam proses pembuatannya. 

Baca juga Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif di Indonesia

3. Meningkatkan inovasi di banyak bidang 

Dengan muncul ide-ide baru dan tidak terbatas. Masyarakat akan semakin mudah dalam memenuhi kebutuhan dan terus meningkatkan inovasi di berbagai bidang. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan pemerataan ekonomi di berbagai bidang. 

4. Mengurangi angka pengangguran dan menciptakan kompetisi bisnis yang sehat 

Dampak positif dari hadirnya kreatif ini dapat membuat manusia akan saling tolong-menolong. Juga membagikan kiat-kiat dalam melaksanakan ide tersebut, Hal ini dinamakan bisnis yang sehat. 

Berdasarkan penjelasan diatas, ekonomi kreatif adalah salah satu alternatif yang bisa memudahkan masyarakat. Mulai dari untuk memenuhi kebutuhan, mempermudah pekerjaan, hingga menciptakan lapangan kerja yang baru. Hal ini juga sangat berpengaruh bagi kehidupan masyarakat juga negara. 

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button