SejarahSMA Kelas x

Dapatkah sejarah mempelajari masa depan?

Dapatkah sejarah mempelajari masa depan? Sudah barang tentu dapat. Mengapa sejarah dapat mempelajari masa depan? Sebab, sejarah adalah suatu studi tentang kehidupan manusia dalam konteks waktu. Waktu dalam pengertian sejarah dapat berupa sebuah garis yang lurus ke depan.

Garis tersebut dapat menunjukkan adanya kesinambungan. Kesinambungan waktu yang dimaksud adalah kesinambungan antara masa lalu, sekarang, dan masa yang akan datang. Masa lalu sangat menentukan masa sekarang, dan masa sekarang sangat menentukan masa yang akan datang.

Kesinambungan waktu dalam sejarah

Dapatkah sejarah mempelajari masa depan? Dapat kita contohkan terhadap apa yang terjadi pada diri kita. Misalnya sekarang kita duduk di bangku SMA. Keberadaan kita sekarang di SMA ini sebenarnya tidak lepas dari apa yang kita lakukan pada masa lalu, yaitu ketika kita di SMP atau di SD.

Baca juga Peristiwa dalam sejarah hanya terjadi satu kali

Apabila kita ketika di SMP-nya belajar dengan rajin dan serius maka ketika kita duduk di SMA tidak menutup kemungkinan prestasi kita menjadi lebih baik lagi. Begitu pula halnya dalam melihat masa depan kita. Apabila kita ketika di SMA-nya malas, maka tidak menutup kemungkinan masa depan kita menjadi kurang baik. Kerajinan dan keuletan kita belajar sekarang di SMA sangat menentukan hidup kita pada masa yang akan datang.

Baca juga Periodisasi Sejarah berkaitan dengan konteks waktu

Ringkasan

Sejarah adalah ilmu yang mempelajari kehidupan manusia dalam konteks waktu. Ciri penting sejarah sebagai ilmu adalah waktu dan ruang. Waktu dalam pengertian sejarah yaitu masa lalu, sekarang, dan masa yang akan datang. Pembagian waktu dalam sejarah tersebut akan memperlihatkan adanya perubahan-perubahan.

Aktivitas manusia akan senantiasa mengikuti alur waktu. Dalam aktivitas manusia itulah akan lahir peristiwa-peristiwa yang akan dianggap penting oleh manusia. Peristiwa-peristiwa tersebut akan dicatat dan diingat dalam memori manusia. Catatan atau memori peristiwa itu kemudian akan dikisahkan sehingga menjadi suatu kisah sejarah. Perjalanan kehidupan manusia yang dicatat dalam sejarah akan memberikan kegunaan bagi kehidupan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button